forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Forumku News and Discussion > Informasi dan Pengumuman > Program Forumku
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Program Forumku Daftar Kegiatan, Rencana dan Program Kerja Forumku

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 5th December 2016, 07:25 AM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 5 Dec 2016
Userid: 5855
Posts: 1
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Sehat ala Kendedes ratu kerajaan singosari

Setelah Ken arok menikahi Kendedes, berdirilah kerajaan singosari yang dipimpin oleh ken arok sendiri. Suatu ketika, Kendedes galau dan jenuh luar biasa di istana. Ia ingin menikmati suasana desa Tumapel dan meninggalkan kerajaan. Ia meminta ijin kepada raja untuk pergi ke luar istana tanpa didampingi pengawal. Raja kerkata “Dinda, jika engkau ingin pergi jalan-jalan, pakailah kerudung, jangan tampakkan kecantikanmu kepada banyak orang diluar sana, Kanda khawatir bila terjadi sesuatu”

“Baik, dinda akan menyamar seperti rakyat biasa, jangan risau, dinda akan berhati-hati”
Ia menyamar menjadi rakyat jelata, sehingga rakyat tidak mengetahui keberadaan Ratu Kendedes. Sesampainya di desa, Kendedes menjumpai banyak pedagang di pasar singosari. Kendedes memang hobi menyicipi jajanan, dari lapak satu ke lapak lain ia cicipin. Sampai akhirnya di persimpangan jalan dia jumpa sosok pedagang yang memanggul dagangan. Dipanggil orang itu. “Pak, ini bapak jual apa?” Tanya Kendedes penasaran. “Ini namanya Tahwa nduk” jawab bapak pedagang itu
“Tahwa? Saya pesan satu porsi pak” Dasar Kendedes pendengarannya agak dublek…
Setelah dihidangkan, Kendedes langsung memakannya… sesaat kemudian “Wahhhh enak sekali pak tahwa ini” sahut Kendedes kegirangan penuh semangat. Sampai-sampai ia pesan 1 porsi lagi untuk menghilangkan dahaganya. “Tahwanya enak pak, gak nyangka ada makanan seenak ini, berapa harus saya bayar pak?” Tanya Kendedes.
“2 koin perunggu” jawab bapak itu.
“kok murah banget” sahut Kendedes dalam hati. Kendedes lalu memberikan 1 keping perak untuk membayar.
“sehat itu gak mahal mbak” dengan misterius bapak itu menjawab. “Makan tahwa, kedelainya bisa mengenyangkan perut, tanpa perlu takut gemuk. Kandungan jahenya bias menghilangkan haus, menghangatkan badan dan mengembalikan stamina yang lesu” ujar bapak tua.
Jawab Kendedes “Pantas saja saya langsung jadi semangat tadi, ini Bapak terima saja uang ini saya iklas kok”
“Baik saya terima uang perak ini, dari 1 kebaikan akan bercabang menjadi puluhan bahkan ratusan kebaikan” penuh filsofi ia berujar.
Sesaat setelah berpamitan, bapak penjual tahwa meninggalkan Kendedes yang kebingungan. Kendedes lalu kembali pulang menuju istana. Di sana ia disambut gembira Raja ken arok. “Gimana sayangku, apakah engkau menikmati kesenanganmu di luar sana?”
“Benar kanda, saya bahagia, kanda memberi ijin saya untuk pergi keluar istana” jawab Kendedes. Tapi ia tidak menceritakan pengalamannya bertemu bapak penjual tahwa.
Sebulan kemudian, Kendedes jatuh sakit. Ken arok segera memanggil tabib istana untuk segera mengobati. Obat tabib istana tidak bisa menyembuhkan Kendedes. Raja semakin bingung apa yang terjadi pada kekasihnya. Raja lalu membuat sayembara di penjuru negeri siapa yang dapat menyembuhkan Kendedes akan diberi hadiah 100 koin emas. Berbondong-bondong para tabib dan dokter mencoba untuk mengobati, tapi tetap saja Kendedes tidak sembuh.
Ken arok semakin bingung dan takut menjadi-jadi. Ia kemudian meminta penasihat kerajaan apa yang harus dilakukan. Penasihat kerajaan yang bijaksana memberi petunjuk bahwa Kendedes sekarang sedang hamil, dan badannya sedang lemas tidak bersemangat.
Ken arok lalu mendekati kekasihnya dan berbisik “Sayang, apa yang bisa membuatmu sembuh dan bersemangat lagi, kanda akan mencarinya untukmu sayang”
“Benarkah kanda akan mencarinya?” Tanya Kendedes dengan lemas
“Benar, jika perlu kucari ke seluruh dunia sampai dapat jika itu bisa menyembuhkanmu” Ken Arok meyakinkan.
“Dinda pengin makan tahwa mas, tolong carikan untuk dinda dunk” bisiknya yang lirik. Kendedes lalu tertidur tanpa semangat lagi.
Makan tahwa? Bisik ken arok dalam hati.
Ken Arok lalu menoleh kepada penasihat “Heh, kowe ngerti opo iku tahwa?” Tanya raja

“Hamba belum pernah dengar paduka” jawab penasihat
“Haiya, tahwa itu makanan belgizi favolit olang-olang cina” ujar penasihat ken arok yang keturunan cina itu.
“Hai jendral, kau temani aku malam ini pergi mencari tahwa, siapkan juga sepuluh pasukan elitmu untuk berjaga di belakangku” Teriak raja setelah mendengar penjelasan penasihatnya.
Malam itu ken arok mengubek-ubek pelosok desa mencari. Setelah lama muter kesana kemari gak karuan, ia akhirnya melihat kedai tahwa itu dan membeli untuk Kendedes. Raja lalu segera balik ke istana dan memberikannya pada Kendedes.
“Dinda, ini tahwa pesananmu, semoga engkau cepat sembuh ya”
Kendedes mencicipi satu sendok, “Kanda, bukan tahwa ini yang kuinginkan” jawab Kendedes.
Lalu tahwa yang seperti apa yang kauinginkan, Tanya raja kembali. Belum sempat menjawab Kendedes sudah memejamkan matanya.
Raja menoleh ke penasihat asli cina untuk meminta saran lagi.
“Haiya, tahwa iki kok lasanya ola enak, paduka halus cali tahwa special yang pelnah dimakan oleh Latu” jawab penasihat keturunan tionghoa.
Raja yang kebingungan segera memerintahkan pasukannya mencari penjual-penjual tahwa di negeri singosari, mencari tahwa special yang diinginkan Kendedes. Setelah bertemu rakyatnya, ada seorang yang memberitahu raja, hanya ada 3 orang pedagang tahwa di pelosok negeri. Tapi ada satu orang tidak mempunyai kedai karena ia selalu berkeliling. Akhirnya raja menemukan lagi kedai penjual tahwa, raja segera membawa pedagang itu ke istana untuk mempersembahkan tahwanya ke ratu singosari.
“Sayang, kanda sudah membawa tahwa yang kauinginkan, cobalah” pinta raja
Kendedes membuka mata dan mencicipinya, setelah mencobanya Kendedes berkata “bukan ini” lalu Kendedes malah pingsan. Ken Arok melotot matanya menoleh kepada pedagang tahwa tersebut
“Cambuk orang ini 10 kali cambukan” teriak Raja ke algojonya.
Ken arok segera mengambil kuda dan memacunya, dia harus segera pedagang tahwa yang ke-3 yang mana dia selalu berkeliling dagangnya. Setelah berjam-jam mencari, akhirnya ken arok menemukan bapak penjual tahwa ke-3. Ken arok berharap dialah penjual tahwa special itu.
“Pak istri saya sedang sakit, mungkin bapak yang bisa membantu saya” pinta ken arok
“Sakit itu sumbernya dari pikiran, jika pikiran bermasalah, jiwa akan terganggu” jawab pak tua.
“Sudikah bapak membantu saya dan datang ke istana?” Tanya ken arok.
“Saya akan kesana insha allah” jawab bapak itu
Sampainya di istana, bapak itu membuat seporsi tahwa. Sebelumnya ken arok mencicipi sesendok.
“Wah… super sekali tahwa ini, kalo Kendedes sembuh, akan kuberikan kau hadiah pak” Sahut ken arok . raja lalu menyuapi Kendedes dengan tahwa buatan bapak tua. Berangsur-angsur, Kendedes sudah sehat dan bersemangat lagi. Ia melihat pak tua itu juga ada di depannya. Kendedes berterima kasih karena sudah membuatkannya tahwa lagi.
Ken arok sujud syukur karena Kendedes sehat kembali. Untuk rasa syukurnya, raja menawarkan pedagang itu untuk menjadi chef resmi kerajaan.
“Terima kasih atas penawarannya, seperti matahari yang bersinar, ia tidak akan bisa disimpan dalam kotak, biarkanlah kehangatannya dirasakan banyak orang” Dengan bijak ia menjawab agar raja tidak tersinggung dengan ucapannya.
“Siapa nama anda hai bapak” Tanya raja.
“Apalah arti nama, jika ia tidak bisa menghadirkan kebaikan dalam kehidupan” jawabnya misterius
Saat itu juga, raja mengumumkan kepada rakyat bahwa Ratu Kendedes telah segar bugar dan sembuh berkat memakan tahwa pak tua, dan raja memberi julukan Tahwa Kendedes untuk bapak itu dan seantero negeri singosari semakin mengenal nama tahwa Kendedes, karena ratu kerajaan singosari menjadi sehat dan bersemangat kembali hidupnya setelah memakan tahwa Kendedes. Begitulah asal usul tahwa kendedes yang konon sampai sekarang masih dijual keliling oleh keturunan bapak tua misterius

Last edited by awwardhana; 5th December 2016 at 07:43 AM..
awwardhana is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Old 16th December 2016, 01:20 PM   #2
jakeiaolep
Warga Forumku
 
Join Date: 16 Dec 2016
Userid: 5887
Posts: 1
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Re: Sehat ala Kendedes ratu kerajaan singosari

tahwa memang enak, selain enak juga sangat menyehatkan, tidak salah meniru sehat ala kendedes..
__________________
solder temperatur cody
jakeiaolep is offline   Reply With Quote
Old 10th January 2017, 10:43 PM   #3
prokonco
Warga Forumku
 
Join Date: 10 Mar 2015
Userid: 3389
Posts: 15
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Re: Sehat ala Kendedes ratu kerajaan singosari

klo di tempat saya ini namanya bubur tahu. manis seger
__________________
Seorang Blogger Yang Sangat Suka Ikan Cupang dan Oret2 Kertas
Database Sales Marketing Dealer mobil seluruh kota besar di Indonesia - mobil-pedia.com
prokonco is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Chairul Tanjung dan Jurus Membangun Kerajaan Bisnisnya sucyresky Business and Economy! 0 6th March 2015 08:36 AM
Laksamana tni (purn) soeparno terima gelar dari kerajaan thailand supry Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 0 30th January 2015 01:59 PM
Toner apotek ratu pemutih badan call 081318031115 bundaanita Health Kesehatan 1 8th December 2014 10:19 AM
Kisah Iwan Sunito Dirikan Kerajaan Bisnis Properti di Australia sucyresky Business and Economy! 0 7th December 2014 07:13 AM
kode 2138 | gudang singosari karangploso luas 1000 disewakan | #malangproperty mallproperti Rumah 0 9th January 2014 10:38 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 12:42 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2017, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts