forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > Forum Hobiku - My Hobbies > Forum Kulinerku Makan Makan
Register Register
forumku.com kerja sama promosi forumku.com kerja sama promosi Pusat Cutting Sticker 5 December 2012 - 4 Maret 2013
Notices

Forum Kulinerku Makan Makan Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 25th January 2017, 12:59 PM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 6 Nov 2016
Userid: 5721
Posts: 4
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Smile Macam macam Kerupuk di Indonesia

Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari beragam suku bangsa yang mempunyai budaya dan ciri khas masing-masing pada setiap daerah. Tak terkecuali makanan, selain tempe dan tahu sebagai makanan khas Indonesia, kerupuk juga menjadi salah satu makanan asli Indonesia yang sangat merakyat.

rakyat Indonesia sangat menyukai dengan kerupuk, baik sebagai lauk atau makanan. Di Indonesia ada banyak sekali jenis dan macam kerupuk. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Kerupuk Blek

Mungkin rata-rata orang tidak kenal dengan nama kerupuk ini, tapi ternyata kerupuk ini yaitu kerupuk yang paling umum kita temukan di warung-warung. Ya, kerupuk berwarna kuning atau putih dan memiliki bentuk keriting ini telah me-legenda dari dulu. Kerupuk ini pas banget buat segala jenis makanan, apalagi makanan yang ada kuahnya seperti bakso atau mie ayam.

2. Kerupuk kulit

Kerupuk yang memiliki banyak penggemar ini dibuat dari kulit sapi atau kerbau. Ternyata kerupuk ini telah merambah sampai Brunei Darussalam dan Malaysia. Oleh karena itu, kerupuk ini mempunyai harga yang cukup tinggi dibanding kerupuk lain. Tapi meskipun demikian, kerupuk ini tetap disukai sebab memang mempunyai rasa yang enak dan gurih. umumnya, kerupuk ini pas banget buat makan lontong sayur, soto, dan makanan berkuah santan.

3. Kerupuk Melarat

Kerupuk ini berasal dari kota cirebon, walaupun mempunyai nama yang lumayan aneh, kerupuk ini juga cukup populer. Kerupuk melarat atau umum dinamakan kerupuk pasir mempunyai warna-warni yang cerah sehingga lumayan menarik untuk dilihat.

4. Kerupuk Mie

Kerupuk ini sudah terkenal di kalangan banyak orang. Kerupuk memiliki ukuran sedang dan berwarna kuning ini memang memiliki rasa yang gurih dan enak, namun terkadang ada beberapa bagian keras yang susah digigit. walaupun begitu, kerupuk ini paling cocok buat makan asinan dan pecel.

5. Kerupuk Pangsit

Kerupuk ini sangat sering menjadi teman makan mie ayam atau bakso. Rasanya renyah banget, Kerupuk ini bisa juga jadikan cemilan sambil nonton tv di rumah.

6. Kerupuk Kemplang

untuk kamu yang aslinya dari Palembang, pasti kenal banget dengan kerupuk yang satu ini. Kerupuk memiliki warna putih berbentuk bulat dan rasa yang khas. Ya, kerupuk kemplang. Kerupuk ini dibuat dari bahan dasar ikan dan mempunyai rasa enak yang khas. Kerupuk ini sangat pas menemani kamu yang suka mie instan atau untuk camilan.

7. Kerupuk Rambak

Banyak yang menyebut kerupuk rambak sebagai kerupuk kulit. tapi rambak yang dimaksud kali ini beda. Bila di kedai bakso atau mie ayam, kamu akan dengan mudah menjumpai kerupuk dengan warna coklat yang sangat renyah berbentuk kecil panjang sebesar jari. juga ada rambak dengan bentuk kotak sebesar telapak tangan dewasa.

9. Kerupuk Bawang

Ini juga satu diantara kerupuk yang mudah dijumpai. Yaitu kerupuk yang memiliki banyak warna di sekelilingnya. Itu merupakan salah satu variasi kerupuk bawang. Kerupuk ini begitu pas untuk nemenin makanan seperti nasi goreng, mie goreng, bubur ayam, ataupun lontong sayur.

10. Kerupuk Gendar

Mungkin ada sebagian orang yang gak tahu sama kerupuk ini, tapi tahu sama kerupuk nasi kan? Nah, kerupuk gendar ini nama lain dari kerupuk nasi. Kalau di Solo, namanya adalah karak. Biasanya untuk membuat kerupuk ini juga dibutuhkan bleng yang berguna untuk memberi aroma dan rasa pada kerupuk ini.

11. Kerupuk Udang

Siapa yang tidak kenal dengan kerupuk yang sudah terkenal di mana-mana ini? Di luar negeri kerupuk ini bernama Prawn Cracker. Kerupuk ini adalah kerupuk yang dibuat dari adonan tepung tapioka dan udang yang ditumbuk halus. kemudian diberi penambah rasa dan bumbu rempah. Biasanya udang yang dipakai adalah udang-udang kecil atau udang rebon yang ditumbuk sampai halus. Kerupuk ini cocok buat semua jenis makanan.
elizato is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Old 30th March 2017, 10:44 AM   #2
jonsemar
Sek. RT
 
Join Date: 18 Jun 2015
Userid: 3972
Location: Jakarta - Indonesia
Age: 28
Posts: 23
Real Name: Jhonny
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Re: Macam macam Kerupuk di Indonesia

yang enak hanya kerupuk putih (biasanya di warteg), kerupuk bawang, kerupuk mlarat, sama kemplang wkwk Gak ada yang bisa kalahin hahaha
__________________
MASEMA - Jual Kitchen Equipment seperti Display Warmer untuk menghangatkan makanan di restoran ataupun dapur hotel Anda.
jonsemar is offline   Reply With Quote
Old 26th November 2017, 11:01 AM   #3
amaliawati
Sek Des
 
Join Date: 22 Aug 2017
Userid: 6451
Posts: 248
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Re: Macam macam Kerupuk di Indonesia

Wah ada banyak ternyata ya kerupuk di Indonesia hmm aku sih doyan banget























Informasi Lainnya ::

:: FOTO 3D LASER
:: Toko Busana Muslim Terpercaya
:: Kontraktor Rangka Atap Baja Ringan
:: Distributor Genteng Cisangkan
:: IMOGEN INDONESIA
:: Alat Otomotif Lengkap
:: Alat Dekorasi Tenda Pesta Murah
:: Dekorasi Dinding Kaligrafi Unik
:: Toko Variasi Mobil Terlengkap
:: Herbal Tiens Online Murah
:: Pusat Belanja Baju
:: Blanja Online Murah
:: Amaris Butik Hijab
:: Busana Anak Murah
:: Matrix Cover Desain Tas Handbag
:: Grosir HB Whitening
:: HB Whitening
:: Kontraktor Galian Tanah dan Urugan Tanah
:: Kayu Eksotik
:: Pekerjaan Galian Urugan Tanah
:: HB Whitening Original
:: Grosir Fashion Hijab Bandung
:: Grosir Baju Anak Murah
:: Lanky Genuine Asli Original
:: Body Slim Herbal Original
:: Rental Mobil Murah di Bandung
:: Jasa Buat Toko Online
:: Jasa Pembuatan Toko Online Murah
:: Jasa Pembuatan Toko Online Terpercaya
:: Jasa Pembuatan Toko Online Terbaik
:: Konveksi Olahraga Sepatu Bandung
:: Grosir Baju Anak Murah
:: Melia Propolis Biyang Asli
:: Melia Propolis Original
:: Toko Melia Propolis Original
:: Tong Sampah Fiber Bogor
:: Grosir Lampu Antik Murah
:: Produk Safety Terbaik
:: Aneka Produk Teknik Murah
:: Sparepart Toyota Murah
:: Sparepart Onderdil Toyota Harga Murah
:: Sensor Alarm Butik Supermarket
:: Grosir Gitar Murah Produsen Gitar Jakarta
:: Mesin Absensi Terbaik
:: Hijab Trendy Murah
:: Aksesoris Mebel Kuningan Pernak Pernik Kuningan
amaliawati is offline   Reply With Quote
Old 23rd January 2018, 10:10 AM   #4
kelingking37
Ketua RT
 
Join Date: 19 Oct 2017
Userid: 6586
Posts: 135
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Re: Macam macam Kerupuk di Indonesia

kalo sekarang2 ini, berapa harga jual mesin pengolahan kerupuk - kerupuk kayak yg disebutkan..ad yg tahu ga agan2
kelingking37 is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
kerupuk, khas indonesia, makanan indonesia



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Pengertian, Fungsi, Faktor, dan Macam-Macam Bioma di Dunia adinu Forum BukuKuBaca 0 16th January 2017 01:59 PM
Macam macam manfaat qnc jelly gamat sebagai obat berbagai penyakit aziginajar Alat Kesehatan 2 28th October 2016 08:28 AM
jasa macam - macam paket parabola & antena tv bsd yogiantena440 Parabola dan Satellite Receiver 0 8th September 2016 02:26 AM
Macam-macam penyakit malnutrisi atau kekurangan gizi teniindriyani Informasi dan Pengumuman 0 3rd August 2016 03:07 PM
Macam - Macam Perawatan Wajah dari produk Vincesavon vincesavon Health Kesehatan 0 4th October 2014 11:15 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 07:51 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2018, vBulletin Solutions, Inc.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts